Suatu saat ketika depresi, aku harus baca ini lagi.

Berkali-kali aku berkata lelah, ingin segera menyerah. Tapi ketidakkuasaanku dan keraguan membuatku berat meninggalkannya.
Otak ini kadang sudah tidak simetris lagi saat kupaksa mencerna komando yang aku dapat. Lalu saat gagal, kena marah lagi.
Tapi aku sadar, perasaan itu bukan cuma milikku seorang.
Semua disana sedang belajar.
Satu disana sedang mengajarkan.
Tentang ilmu yang hanya bisa diberikan waktu yang berkualitas, bukan yang dibuang-buang percuma.

Ketika aku bisa menyandarkan punggung ketempat seempuk kasur, aku belum berhenti memikirkan apa yang akan aku lakukan esok.
Ketika aku masih punya celah waktu untuk tertawa, aku tahu aku tidak begitu sibuk untuk lupa bahagia.
Dan ketika pekerjaan itu telah selesai, aku menyesali hal-hal yang seharusnya bisa ku lakukan untuk membuatnya lebih baik.

Dinamisme seperti itulah yang membuatku merasa hidup.

Kadang aku berkata kepada juniorku di dalam perut,
Sayang maaf ya, mama ajak lembur terus. Kuat ya, sayang..

Suatu saat ia juga akan merasa. Begitu keluar memasuki dunia dewasa yang perlakuannya tidak selembut gendongan ibu, atau lebih sakit dari pukulan seorang ayah.
Tanggung jawab dan cobaan akan menamparnya kuat-kuat nanti.
Tapi kita lebih kuat.
Sekali, dua kali, kita akan menangis dan merasa lemah.
Berkali-kali, kita akan merasa aneh untuk tidak mendobrak sesuatu yang membuat hidup jauh lebih nyaman.

Dan hadapilah dengan senyuman sayang, meski mungkin otot lain sudah mulai kaku untuk digerakkan.

About desisonia

as like as mirror pahamin bahwa smw org punya masa PASANG-SURUTnya. ada kalanya compang-camping, ada kalanya flamboyan. Tgantung kita bsa nerima keadaan yg spt ap... View all posts by desisonia

Leave a Reply

