Ayo daftar BPJS !

Hai,blogger! Salam lincah!
Kali ini saya akan berbagi manfaat. Bukan bermaksud untuk promosi atau iklan, karena saya bukan karyawan ataupun keluarga dari perusahaan tersebut. (Pernah coba daftar sih, tapi gak lolos administrasi. Hehehe)
Kali ini adalah tentang… Jengjengjeng…
BPJS !

Apa itu BPJS? Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Kesehatan dan Tenaga Kerja)
hmm.. Seperti yang saya bilang, saya bukan karyawan, jadi to be honest, product knowledge nya belum begitu mengerti. Yang saya kuasai hanya pengalaman sebagai user, alias pengguna alias konsumen.
Saya udah sering menggunakan jasa BPJS dari kantor untuk berobat. Dalam kartu tersebut terdapat keterangan “Faskes tingkat pertama:..” Nah, itu menunjukkan kemana kita sebaiknya berobat awal.

Misalnya saya, faskes tingkat pertama di Kedaton Medical Center, maka tinggal bawa kartu BPJS, catat nama dan nomor BPJSnya lalu tunggu deh untuk diperiksa dokter.
Lantas, gimana kalau kita sakitnya lumayan parah dan ingin dirawat di RS? Gampang. Pas konsul dengan dokter, bilang aja. Nanti dokternya akan beri pilihan RS tipe C. Untuk di Bandar Lampung, contohnya Puri Betik Hati dan RS Bintang Amin. Kalau penyakitnya mendesak nanti, kamu bisa dirujuk ke RS tipe B (eg: Urip S.) atau meningkat ke RS tipe A (eg: Cipto mangunkusumo – JKT).

Dan semuanya dicover. Hmm, mungkin kalau ada obat yang tidak biasa ya bayar. Tapi diberi tahu terlebih dahulu ke keluarga pasien kalau obat tersebut diluar kuasa BPJS.

Sebaiknya alur berobatnya mengikuti per tingkat. Kecuali kita langsung masuk ke IGD RSnya, InsyaAllah dilayani. Seperti di RS Pertamina – Bintang Amin.
Walaupun rujukan dokternya mengalami kekeliruan, harusnya untuk rawat inap tapi malah ke Poli yang untuk periksa saja. Tapi akhirnya, (mungkin karena melihat wajah saya udah buyu pucat lemes jamet kocu abis) tetap dilayani.
Nah, awalnya pasti muncul pertanyaan ini BPJS kelas berapa? Wah, karena dari perusahaan, di kartu tidak tercantum, saya tidak tahu menahu. Untungnya ketika disebutkan karyawan perusahaan X, mereka langsung menebak ke kelas II. (Pelajaran untuk yang lain kalau lagi luang tanya sama SDM ya BPJS kamu kelas berapa).
Tadinya suami ingin memindahkan ke kelas I dan ikhlas kalau nanti disuruh bayar kelebihannya, tapi malah staf RSnya bilang,” Ngapain mas, cuma bedanya ga ada kulkas doang..” Ah, menarik sekali kejujuran mereka.

Baiklah, jadi saya di kelas II yang satu ruangan berdua. Lumayan nyaman, ber-AC, banyak dokter muda, perawatnya masih unyu-unyu. Maklum, RS pendidikan. Tapi bersih kok, ada mandi air panasnya juga. Ruangannya tentram. Dan pemandangan kotanya bagus disana. Ibaratnya orang sakit ga bakal jadi tambah stres tambah sakit deh disana.
Cukup puas saya bedrest selama beberapa hari. Apalagi karena dapat pasien sekamar keluarganya juga pembersih dan gak neko-neko.
Oke, lalu saya sembuh. Pulang. Dan tidak bayar seperak budek pun. 😀

“Mbak des, itukan dari perusahaan. Mbak perbulan dipotong dari gajinya. Kami kan gak kerja. Apa bisa?”
Bisa banget. Daftar perseorangan ke BPJS. Ibu saya IRT, sebelumnya sudah daftar BPJS kelas I dan lebih dulu mencicipi RS Pertamina-Bintang Amin dan sangat bersyukur untuk kemudahan berobat kemarin.
As an addition, Ibu saya perbulan menabung 60rb rupiah untuk kesehatan di BPJS.

Terpakai ataupun tidak, jasmani kita investasi yang tidak ternilai. Anggap saja seperti kebutuhan makan Anda. Tidak ada yang ingin sakit, sering sakit, atau lama-lama dirumah sakit. Tapi toh saat itu terjadi, BPJS akan lebih banyak memberi manfaat.

Sekian deh yaa,
Thanks for reading. Bye~

About desisonia

as like as mirror pahamin bahwa smw org punya masa PASANG-SURUTnya. ada kalanya compang-camping, ada kalanya flamboyan. Tgantung kita bsa nerima keadaan yg spt ap... View all posts by desisonia

Leave a Reply

