An Adventure of Book Hunter

Pengalaman pahit ini gue certain cukup sekali aja yah. INGET!

Cuma se-ka-li ! Jangan paksa gue untuk inget memori buruk ini lagi. Jadi ceritanya begini…

***

Jadi waktu itu, gue, ditemenin papah, nyari bukunya Marcell Boneff : Komik Indonesia. Buku yang direkomendasikan salah satu dosen gue itu memaparkan tentang per-komik-an di Indonesia. Gue cari di Gramed, stock empty dan udah ga bisa dipesen karena tahun terbitannya udah lama. Tahun 2008, kata mas CS Gramed nya. Gue tertunduk lesu. Kemudian..

Aha! Akhirnya gue memutuskan untuk koprol ke pasar bawah Ramayana, tempat dijualnya buku-buku loak, buku-buku second, buku-buku non ori yang harganya bisa jauh lebih miring daripada di toko buku “bermerek”.

And, I arrived. Pasar bawah tempat dijual buku-buku pelajaran mulai sepi di sore hari. Dari tangga tempat masuk tercium wangi yang menjadi ciri khas pasar bawah ini. Wangi air mani manusia. Ooohh, huweek!! Manusiawi sekali manusia disini *senyum miris*

“Bu, ada buku Komik Indonesia gak?” seorang gadis 20an tahun yang cool dan berwibawa (Tepat! That’s me..) bertanya kepada seorang ibu pramuniaga di salah 1 toko di dekat tangga tersebut.

“Komik Indonesia,ya…? Ga ada tuh,dek. Kosong..” jawab ibu itu, sebut saja Ngatemi.

“Masak gak ada sih, Bu? Karangan Marcell Boneff loh,Bu..” gue berusaha memeroleh jawaban “Iya,ada” dari Ibu itu dengan sedikit mengiba. Namun jawabannya tetap.. Tidak ada.

Masih dengan bermuka tebal, gue bertanya,

“Kalo dipesen aja gimana,bu??” mata gue mulai berkaca-kaca.

“Aduh…” dengan wajah kecapekan ibu itu menjawab, “Ga bisa loh,deeek…”

Huh. Gagal, pikirku. Tapi gue masih belum menyerah. Gue jelajahi toko buku yang lain, tapi jawabannya masih tetap sama. GAK ADA.

Toko buku terakhir yang gue datangi letaknya dekat sekali dengan eskalator kalo mau masuk Ramayana. Tepat sebelah kiri. Nama tokonya apa yah, gue lupa. Disitu ada beberapa orang penjaga toko, tapi gue melihat ada bapak-bapak nganggur, lagi bengong, akhirnya gue memutuskan untuk nanya sama doi.

“PAK!” gue menyentak. Bapak itu kaget.

“Ada buku Komik Indonesia gak, Pak?” gue bertanya baik-baik.

“Gak ada, adanya itu tuh.. Komik Naruto, Shinchan..” jawab bapak itu sambil ‘congor’nya menunjuk ke arah tumpukan komik anak. Toweweweew -..-

“Yang saya maksud itu bukan buku komik loh, pak.. Tapi, buku yang ngebahas tentang komik, karangannya Marcell Boneff…” gue mulai geregetan.

Bapak itu terdiam, kemudian berkata sambil tersenyum,

“Itu mah musibah,dek.”

“Hah? Apa,Pak?” gue berharap barusan gue salah denger.

Dia berkata lagi, “Musibah,dek… susah itu mah nemuinnya.”

Jeng-jeng-jeng!!!! Bumi Gonjang-ganjing. Perang Dunia ketiga meletus. Perempuan jadi laki, laki jadi perempuan. D’oh!! Kalo gak inget dosa, pasti deh rak-rak bukunya langsung gue jatohin supaya doi tenggelem dalam tumpukan komik Naruto-nya.

Gue berhenti hunting buku. Gue samperin papah yang lagi beli kaos kaki.

“Pa, pulang yok.”

“Emang udah ketemu bukunya?”

“….” Hening.

WANTED. Gue mohon banget. Barang siapa yang punya buku ini, ataupun jual, atau yang lebih bagus lagi: mau menghibahkan buku yang lagi gue cari ini, silahkan hubungi gue lebih lanjut. Tengs.

About desisonia

as like as mirror pahamin bahwa smw org punya masa PASANG-SURUTnya. ada kalanya compang-camping, ada kalanya flamboyan. Tgantung kita bsa nerima keadaan yg spt ap... View all posts by desisonia

4 responses to “An Adventure of Book Hunter

  • Ana Fauziyah

    Saya punya buku Komik Indonesia karya Marcell Bonneff, tapi agaknya saya enggan menghibahkan hehe (satu-satunya sih). Coba kamu cari di toko-toko buku online, semoga masih tersisa. Saya dulu mendapatkan buku tsb di Gramedia Matraman.

    • desisonia

      Iya,mbak.. ini juga lagi berusaha nyari.. di situs-situs online tp stocknya lagi abis.. kalo ga potokopiannya aja bole deh mbak.. nyari ke gramedia am toko loak disini gak ketemu-ketemu.. 😦

      • Ana Fauziyah

        kirim alamat email plis, nti aku kirim referensi buku-buku untuk kajian komik. Kalo mau fotokopian buku Bonneff sekalian kasi alamat lengkap kamu ya… oia, biar gampangnya kirim aja ke email aku anafauziyah@gmail.com sukses yaaa 🙂

  • desisonia

    udah aku email mbak… hiks. baik banget deh,mba… makasiiy mba… :’)

Leave a Reply

